Teknik Mesin SMKN 1 Cikampek

Jadikan Kami Manusia Yang Lebih Berkarakter

  • Ziddu Upload Share Earn Free

  • Katagori

  • Komentar Terbaru

    pemesinansmkckp di Contoh RPP Mesin
    ilmuanmesin di Contoh RPP Mesin
    pemesinansmkckp di Alumni dan Siswa Mesin
    ahmad345 di Alumni dan Siswa Mesin
    pemesinansmkckp di Hari Guru
  • RSS Berita Terkini

    • Menko PMK: Perguruan Tamansiswa Sangat Penting buat Pendidikan Nasional-JPNN.com Desember 6, 2016
      JOGJAKARTA - Tak bisa dibantah, sejarah pendidikan di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari Tamansiswa, yang didirikan pada 3 Juli 1922 di Jogyakarta oleh Ki Hajar Dewantara. Sosok yang kemudian dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional itu bersama Perguruan Tamansiswa telah meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan […]
    • Punya Cowok Baru, Gadis ABG Penjaringan Ogah Pulang-JPNN.com Desember 6, 2016
      JAKARTA - Seorang gadis belia bernama Indah Gita Cahyani menghilang selama dua hari dari rumahnya. Sejak tanggal 3 Desember, anak baru gede (ABG) itu tak pulang-pulang ke rumahnya di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Kakak Gita yang bernama Amir lantas melaporkan hal itu ke Polsek Penjaringan. Begitu menerima laporan itu, polisi lantas melakukan pencarian. […]
    • Kapolri Ingin Pindahkan Lokasi Sidang Ahok-JPNN.com Desember 6, 2016
      JAKARTA - Sidang tersangka dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) rencananya akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/12) pekan depan. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, lokasi sidang Ahok tidak kondusif jika dilaksanakan di PN Jakarta Pusat. Menurutnya, ada potensi gangguan umum jika sidang dilaksanakan di sana. […]
  • RSS Berita SMK

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RPP Membaca Gambar Teknik

Posted by pemesinansmkckp pada Oktober 29, 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 1 Cikampek

Program Keahlian           : Teknik Pemesinan    43

Mata Pelajaran                 : Kompetensi Kejuruan

Kelas/Semester               : X/1

Alokasi Waktu                 : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi     : Membaca Gambar Teknik

Kode Kompetensi          : KK 014-7

Kompetensi Dasar         : Membaca Gambar Teknik

Indikator                          : Komponen, rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi gambar komponen.
  2. Mengidentifikasi gambar rakitan.
  3. Menjelaskan perbedaan gambar komponen dari gambar rakitan.

B. Materi Pembelajaran

  1. Pembacaan gambar komponen menurut proyeksi pictorial.
  2. Pembacaan gambar komponen menurut proyeksi orthogonal.
  3. Pembacaan gambar rakitan menurut proyeksi pictorial.
  4. Pembacaan gambar rakitan menurut proyeksi orthogonal.

C. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah Bervariasi
  2. Pengamatan
  3. Tanya Jawab
  4. Diskusi

E. Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Menciptakan lingkungan: salam pembuka dan berdoa.
  2. Absensi siswa.
  3. Pree test : peserta didik menjawab beberapa pertanyaan mengenai gambar teknik.
  4. Memberikan motivasi belajar siswa tentang pentingnya bahasa teknik.
Kegiatan Inti
  1. Menjelaskan macam-macam bentuk gambar pictorial dan fungsinya yang meliputi isometrik, dimetrik dan oblique.
  2. Menjelaskan cara membaca gambar piktorial (isometrik, dimetrik dan oblique) dengan bentuk dan ukuran benda yang sesungguhnya.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  4. Menjelaskan macam-macam proyeksi ortogonal dan fungsinya yang meliputi proyeksi Eropa dan proyeksi Amerika.
  5. Menjelaskan cara pembacaan proyeksi Eropa dan Amerika.
  6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  7. Penjelasan fungsi gambar komponen dan gambar rakitan.
  8. Menjelaskan gambar komponen menurut proyeksi piktorial dan ortogonal.
  9. Menjelaskan gambar rakitan menurut proyeksi piktorial dan ortogonal.
  10. Bersama peserta didik mengidentifikasi jumlah gambar komponen yang terdapat pada gambar rakitan.
  11. Bersama peserta didik mengidentifikasi bentuk gambar komponen dari gambar rakitan.
Kegiatan Penutup
  1. Menyimpulkan hasil pemelajaran berdasarkan tujuan materi ajar.
  2. Post test
  3. Memberikan informasi materi pertemuan berikutnya.
  4. Doa; Salam penutup

F. Alat/Bahan/Sumber Belajar

  1. CD Modul M9.1A; M9.5A; M9.7B
  2. Menggambar Teknik Mesin Standar ISO (Takhesi Sato)
  3. Contoh-contoh gambar kerja
  4. Laptop.
  5. Infocus.
  6. whiteboard.
  7. Spidol.
  8. Benda Model.

G. Penilaian Hasil Belajar

1.  Prosedur Penilaian : a. Penilaian Proses Belajar

b. Penilaian Hasil Belajar

2. Jenis dan bentuk Tes : a. Tes Lisan

b. Tes Tulis

3. Soal Tes :

Essay :

  1. Apa yang dimaksud dengan proyeksi piktorial?
  2. Berapa perbandingan skala penggambaran pada proyeksi miring/oblique?
  3. Ada berapa jenis proyeksi orthogonal?
  4. Coba tuliskan 3 pandangan utama pada proyeksi Eropa!
  5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar komponen!
  6. Apa yang dimaksud dengan gambar rakitan?
  7. Jelaskan perbedaan antara gambar komponen dengan gambar rakitan!
  8. Apa fungsi dari gambar komponen?
  9. Untuk apa gambar rakitan dibuat?
  10. Dalam bentuk proyeksi apa gambar komponen biasa dibuat?

4. Kunci Jawaban :

  1. Proyeksi piktorial adalah proyeksi tiga dimensi yang dapat memberikan gambaran bentuk benda secara utuh.
  2. Sumbu x 1:1, sumbu y 1:1 dan sumbu z 1:2
  3. Ada 2 jenis yaitu proyeksi Eropa dan proyeksi Amerika.
  4. Pandangan depan, pandangan atas dan pandangan samping kiri.
  5. Gambar komponen adalah gambar yang terdiri dari satu benda.
  6. Gambar rakitan adalah gambar yang terdiri dari beberapa buah komponen benda dalam keadaan terpasang atau dirakit.
  7. Perbedaanya adalah gambar komponen merupakan detail dari gambar rakitan. Sedang gambar rakitan merupakan gabungan dari beberapa gambar komponen dalam keadaan diasembling.
  8. Gambar komponen berfungsi untuk menunjukan detail benda secara utuh dalam hal ini biasa digunakan untuk membuat gambar kerja.
  9. Gambar rakitan dibuat untuk keperluan asembling atau merakit komponen benda yang sudah dibuat.
  10. Gambar komponen biasa dibuat dalam proyeksi ortogonal baik proyeksi Eropa maupun Amerika walau terkadang dibuat juga dalam proyeksi piktorial.

5. Kriteria Penilaian

Nilai Siswa =     Jumlah jawaban benar x 10

Jumlah total jawaban

Syarat Lulus minimal nilai siswa : 7,00

 

Satuan Pendidikan             : SMK Negeri 1 Cikampek

Program Keahlian            : Teknik Pemesinan

Mata Pelajaran                : Kompetensi Kejuruan

Kelas/semester                 : X/1

Alokasi waktu                   : 4 X 45 menit (Pertemuan 1)

Standar Kompetensi          : Membaca Gambar Teknik

Kode Kompetensi               : LOG.00.09.002.01

Kompetensi Dasar              : Membaca Gambar Teknik

Indikator        : Komponen, rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: