Teknik Mesin SMKN 1 Cikampek

Jadikan Kami Manusia Yang Lebih Berkarakter

  • Ziddu Upload Share Earn Free

  • Katagori

  • Komentar Terakhir

    pemesinansmkckp on Contoh RPP Mesin
    ilmuanmesin on Contoh RPP Mesin
    pemesinansmkckp on Alumni dan Siswa Mesin
    ahmad345 on Alumni dan Siswa Mesin
    pemesinansmkckp on Hari Guru
  • RSS Berita Terkini

    • Lembaga yang Dipimpin Luhut Langgar UU, Bubarkan Saja...-JPNN.com Maret 4, 2015
      JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menyatakan keberadaan kantor staf kepresidenan bertentangan dengan UU No.39 Tahun 2008 Tentang Kementerian Negara.  Apalagi, kewenangan lembaga pimpinan Luhut Binsar Panjaitan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) punya kewenangan melebihi kementerian/lembaga yang dibentuk berdasarkan UU. […]
    • Waspada! Ini Modus Penipuan Honorer K2-JPNN.com Maret 4, 2015
      JAKARTA - Penipuan dalam pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS makin berkembang saja. Tidak hanya melibatkan oknum PNS di pusat dan daerah, tapi juga honorer K2 sendiri. Ketua Tim Ivestigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti alias Itong menyebutkan, para calo ini menggandeng honorer K2 yang sudah lulus tes dalam menjalank […]
    • Bikin Bingung Bareskrim, BW Diingatkan Tak Bisa Seenaknya-JPNN.com Maret 4, 2015
      JAKARTA - Bareskrim Mabes Polri mengaku tidak tahu rencana kedatangan tersangka dugaan memerintahkan memberikan keterangan palsu di persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Bambang Widjojanto (BW). Wakil Ketua KPK nonaktif itu berencana datang ke Bareskrim siang ini. "Untuk hari ini, Pak BW tidak konfirmasi ke penyidik mau dat […]
  • RSS Berita SMK

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RPP Membaca Gambar Teknik

Posted by pemesinansmkckp pada Oktober 29, 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 1 Cikampek

Program Keahlian           : Teknik Pemesinan    43

Mata Pelajaran                 : Kompetensi Kejuruan

Kelas/Semester               : X/1

Alokasi Waktu                 : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi     : Membaca Gambar Teknik

Kode Kompetensi          : KK 014-7

Kompetensi Dasar         : Membaca Gambar Teknik

Indikator                          : Komponen, rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi gambar komponen.
  2. Mengidentifikasi gambar rakitan.
  3. Menjelaskan perbedaan gambar komponen dari gambar rakitan.

B. Materi Pembelajaran

  1. Pembacaan gambar komponen menurut proyeksi pictorial.
  2. Pembacaan gambar komponen menurut proyeksi orthogonal.
  3. Pembacaan gambar rakitan menurut proyeksi pictorial.
  4. Pembacaan gambar rakitan menurut proyeksi orthogonal.

C. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah Bervariasi
  2. Pengamatan
  3. Tanya Jawab
  4. Diskusi

E. Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Menciptakan lingkungan: salam pembuka dan berdoa.
  2. Absensi siswa.
  3. Pree test : peserta didik menjawab beberapa pertanyaan mengenai gambar teknik.
  4. Memberikan motivasi belajar siswa tentang pentingnya bahasa teknik.
Kegiatan Inti
  1. Menjelaskan macam-macam bentuk gambar pictorial dan fungsinya yang meliputi isometrik, dimetrik dan oblique.
  2. Menjelaskan cara membaca gambar piktorial (isometrik, dimetrik dan oblique) dengan bentuk dan ukuran benda yang sesungguhnya.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  4. Menjelaskan macam-macam proyeksi ortogonal dan fungsinya yang meliputi proyeksi Eropa dan proyeksi Amerika.
  5. Menjelaskan cara pembacaan proyeksi Eropa dan Amerika.
  6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  7. Penjelasan fungsi gambar komponen dan gambar rakitan.
  8. Menjelaskan gambar komponen menurut proyeksi piktorial dan ortogonal.
  9. Menjelaskan gambar rakitan menurut proyeksi piktorial dan ortogonal.
  10. Bersama peserta didik mengidentifikasi jumlah gambar komponen yang terdapat pada gambar rakitan.
  11. Bersama peserta didik mengidentifikasi bentuk gambar komponen dari gambar rakitan.
Kegiatan Penutup
  1. Menyimpulkan hasil pemelajaran berdasarkan tujuan materi ajar.
  2. Post test
  3. Memberikan informasi materi pertemuan berikutnya.
  4. Doa; Salam penutup

F. Alat/Bahan/Sumber Belajar

  1. CD Modul M9.1A; M9.5A; M9.7B
  2. Menggambar Teknik Mesin Standar ISO (Takhesi Sato)
  3. Contoh-contoh gambar kerja
  4. Laptop.
  5. Infocus.
  6. whiteboard.
  7. Spidol.
  8. Benda Model.

G. Penilaian Hasil Belajar

1.  Prosedur Penilaian : a. Penilaian Proses Belajar

b. Penilaian Hasil Belajar

2. Jenis dan bentuk Tes : a. Tes Lisan

b. Tes Tulis

3. Soal Tes :

Essay :

  1. Apa yang dimaksud dengan proyeksi piktorial?
  2. Berapa perbandingan skala penggambaran pada proyeksi miring/oblique?
  3. Ada berapa jenis proyeksi orthogonal?
  4. Coba tuliskan 3 pandangan utama pada proyeksi Eropa!
  5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar komponen!
  6. Apa yang dimaksud dengan gambar rakitan?
  7. Jelaskan perbedaan antara gambar komponen dengan gambar rakitan!
  8. Apa fungsi dari gambar komponen?
  9. Untuk apa gambar rakitan dibuat?
  10. Dalam bentuk proyeksi apa gambar komponen biasa dibuat?

4. Kunci Jawaban :

  1. Proyeksi piktorial adalah proyeksi tiga dimensi yang dapat memberikan gambaran bentuk benda secara utuh.
  2. Sumbu x 1:1, sumbu y 1:1 dan sumbu z 1:2
  3. Ada 2 jenis yaitu proyeksi Eropa dan proyeksi Amerika.
  4. Pandangan depan, pandangan atas dan pandangan samping kiri.
  5. Gambar komponen adalah gambar yang terdiri dari satu benda.
  6. Gambar rakitan adalah gambar yang terdiri dari beberapa buah komponen benda dalam keadaan terpasang atau dirakit.
  7. Perbedaanya adalah gambar komponen merupakan detail dari gambar rakitan. Sedang gambar rakitan merupakan gabungan dari beberapa gambar komponen dalam keadaan diasembling.
  8. Gambar komponen berfungsi untuk menunjukan detail benda secara utuh dalam hal ini biasa digunakan untuk membuat gambar kerja.
  9. Gambar rakitan dibuat untuk keperluan asembling atau merakit komponen benda yang sudah dibuat.
  10. Gambar komponen biasa dibuat dalam proyeksi ortogonal baik proyeksi Eropa maupun Amerika walau terkadang dibuat juga dalam proyeksi piktorial.

5. Kriteria Penilaian

Nilai Siswa =     Jumlah jawaban benar x 10

Jumlah total jawaban

Syarat Lulus minimal nilai siswa : 7,00

 

Satuan Pendidikan             : SMK Negeri 1 Cikampek

Program Keahlian            : Teknik Pemesinan

Mata Pelajaran                : Kompetensi Kejuruan

Kelas/semester                 : X/1

Alokasi waktu                   : 4 X 45 menit (Pertemuan 1)

Standar Kompetensi          : Membaca Gambar Teknik

Kode Kompetensi               : LOG.00.09.002.01

Kompetensi Dasar              : Membaca Gambar Teknik

Indikator        : Komponen, rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: